Yayasan Peta Bencana Meriahkan Acara Car Free Day

Pada 10 Desember 2017 lalu, Yayasan Peta Bencana menyulap salah satu ruas jalan tersibuk di Jakarta, Sudirman-Thamrin, menjadi sebuah lokasi instalasi seni jalanan yang didesain secara eksklusif untuk meningkatkan ketangguhan terhadap musim penghujan ini! Setiap minggu pagi, ruas jalan yang terletak di jantung ibu kota ini ditutup bagi para pengendara kendaraan bermotor dalam rangka acara car free day (CFD) sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pejalan kaki, pelari, serta pengendara sepeda dan skateboard. Peta Bencana memanfaatkan kesempatan ini untuk mengadakan kegiatan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim penghujan tahun 2017/2018; mengingat banyaknya orang berlalu lalang di lokasi instalasi tersebut untuk ber-selfie, pengunjung diingatkan untuk membagikan hasil foto-foto mereka bersama lukisan mural 3D PetaBencana.id di jalanan selama musim penghujan ini dan berkontribusi pada komunitas pemetaan banjir secara real-time. PetaBencana.id mengumpulkan laporan hasil crowd-source tentang banjir dari berbagai kanal media sosial dan memvisualisasikannya dalam peta gratis berbasis web, sehingga semua orang memperoleh informasi yang mereka butuhkan untuk tetap aman dan dapat mengindari bahaya selama musim penghujan. Informasi ini dibagikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang juga dapat meng-update peta ini dengan informasi terkini terkait genangan di daerahnya, sehingga menciptakan kanal komunikasi transparan dua arah bagi semua orang yang ada di perkotaan. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh BPBD DKI Jakarta untuk mensosialisasikan program penanggulangan bencana kepada pengunjung acara CFD di ruas jalan ini.

Peta Bencana senang sekali melihat antusiasme dari pengunjung CFD dari berbagai kalangan dan usia yang sangat tertarik untuk menerima kehadiran dari konsep komunitas seni ini dan terus membagikan budaya sadar bencana ini melalui postingan selfie di akun media sosial mereka. Orang-orang yang lewat juga tertarik akan perspektif dari instalasi yang didesain untuk memiliki spot unik yang spesial dan menimbulkan keinginan untuk berfoto dengan pose-pose sedang menyelamatkan kerabat dan keluarga dari ilustrasi banjir.

Salah satu pengunjung berkomentar, “Menginstalasi kesenian mural 3D di jalan raya ketika CFD adalah langkah bagus untuk mendapat perhatian dari ribuan warga dan bersosial dengan lingkungan sekitar di Jakarta untuk membudayakan sadar bencana dan meningkatkan ketangguhan warga!”

Para pengunjung begitu juga dengan staf dari BPBD DKI Jakarta menunjukkan antusias dan ketertarikan yang tinggi untuk menanti acara-acara serupa dengan frekuensi yang lebih sering di sekitar kota Jakarta. Kami menantikan waktu selanjutnya untuk menghadirkan spot selfie bagi warga Jakarta dengan menggabungkan kekuatan selfie, media sosial, dan kegiatan seni ini di tempat-tempat umum untuk mendukung ketangguhan warga!

Ikuti terus update kami!