Kontribusi Peta Bencana dalam Acara Puncak Bulan Pengurangan Risiko Bencana!

Acara Puncak Bulan Pengurangan Risiko Bencana di Balikpapan telah sukses dilaksanakan dengan baik dan Peta Bencana turut berkontribusi dalam mempresentasikan platform di Ignite Stage serta berselfie bersama dengan rekan rekan BPBD dari seluruh Indonesia pada booth kami. Acara Puncak ini diselenggarakan oleh BNPB yang bekerjasama dengan BPBD Provinsi Kalimantan Timur  sebagai rangkaian Puncak Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2022 pada tanggal 12 – 14 Oktober 2022 dengan mengusung tema “Bersama Kita Tangguh” dan tagline: Bebaya Etam Tegoh.

PetaBencana bertemu dengan Badan Meteorologi Mesir dalam persiapan COP27

Dalam persiapan COP27, PetaBencana diundang untuk berpartisipasi dalam “Intergenerational Thinkshop for Hydromet Early Warning Early Action (EWEA): Keterlibatan Profesional Muda dalam Pengurangan Risiko Bencana” di Kairo, Mesir. ‘Thinkshop’ mengumpulkan pemangku kepentingan dari 5 generasi, mewakili berbagai latar belakang geografis dari 4 benua, berasal dari berbagai disiplin ilmu termasuk akademisi, responden pertama, LSM, manajer darurat, dan ilmuwan. Para peserta berkumpul untuk membahas upaya adaptasi terhadap guncangan hidrometeorologis yang semakin meningkat akibat perubahan iklim, dan untuk merefleksikan implikasi dari inisiatif Sekretaris Jenderal PBB Guterres untuk memastikan bahwa “setiap orang di Bumi dapat dilindungi oleh sistem peringatan dini dalam lima tahun”. Lokakarya tersebut juga dihadiri oleh kepala Badan Meteorologi Mesir, yang menegaskan komitmennya untuk memastikan sistem peringatan multi-bahaya untuk semua.

PetaBencana diundang untuk berbagi pengalaman dalam bekerja dengan penduduk di seluruh Indonesia untuk beradaptasi dengan peristiwa cuaca ekstrem, di mana kami menyoroti peran pengetahuan lokal dalam pengurangan risiko, dan melibatkan komunitas lokal sebagai co-designer program pengurangan risiko.
Read More

Menjelang Musim Hujan, PetaBencana bermitra dengan Twitter untuk membuat kesiapsiagaan bencana menjadi viral! #SelfieDermawan Trending di Twitter

Pada 16 September 2022, kami berkolaborasi dengan mitra kami di Twitter untuk meluncurkan kampanye kesiapsiagaan bencana 24 jam secara nasional. Sebagai persiapan menghadapi musim muson yang akan datang, kami mengajak warga Indonesia untuk berlatih mengirimkan laporan simulasi bencana ke PetaBencana.id dengan mengunggah foto selfie terbaik mereka ke dalam peta. Dengan tagar #SelfieDermawan yang sedang trending di Twitter, lebih dari 25 juta orang Indonesia terlibat dalam kampanye ini, dan peta PetaBencana.id dipenuhi dengan selfie dari seluruh Indonesia!

Melalui kampanye ini, kami merayakan foto selfie setiap orang yang pernah mengalami bencana, telah membantu saat terjadi bencana, atau bersedia membantu dalam bencana yang akan datang. Sebagai bukti kuatnya semangat “gotong royong digital”, warga di seluruh Indonesia bergabung dalam kampanye untuk mengingatkan komunitas kita masing-masing tentang pentingnya berbagi informasi real-time untuk tanggap bencana dalam persiapan musim hujan yang akan datang. Read More

SEA Morning Show menghadirkan PetaBencana sebagai tamu utama pada Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional

Pada Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional ini, Yayasan Peta Bencana tampil di South East Asia Morning Show atas kerja kami dalam upaya pengurangan risiko yang dipimpin komunitas dan juga masyarakat di Indonesia dan di ASEAN. Dalam wawancara dengan pembawa acara Marissa Anita dan Paul Palele, kami membahas sejarah PetaBencana.id, perkembangan dan perluasan MapaKalamidad.ph di Filipina, tren bencana di wilayah tersebut, dan tentunya menjelaskan tentang #SelfiesSaveLives!

Kami juga membahas tahap selanjutnya dari pekerjaan kami dalam adaptasi iklim yang dipimpin masyarakat. Kami berharap dapat melanjutkan semangat #BersamaKurangiRisiko dan berterima kasih kepada SEA Morning Show karena telah menyediakan ruang untuk berbagi aktivitas pengurangan risiko bencana Petabencana.id di wilayah ini. Tonton wawancara lengkapnya di sini!

Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana 2022: Yayasan Peta Bencana berpartisipasi pada pertemuan pertama pemerintah, non-pemerintah, dan badan-badan PBB, untuk mengevaluasi penerapan Kerangka Sendai yang akan menginformasikan adopsi deklarasi politik di Majelis Umum PBB di 2023.

Sidang ke-7 Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Wakil Sekjen PBB Amina Mohammed, Presiden Sidang ke-76 Majelis Umum PBB Abdulla Shahid, Resident Coordinator PBB untuk Indonesia Valerie Julliand, dan perwakilan khusus PBB untuk pengurangan risiko bencana, serta beberapa pejabat Indonesia pada 25 Mei 2022. Diselenggarakan dalam format hybrid, Platform Global memiliki lebih dari 6.300 peserta dari total 185 negara.

Dalam sambutan pembukaannya, Presiden Joko Widodo mendorong masyarakat internasional untuk meningkatkan kerja sama kolaboratif dalam manajemen risiko bencana, menekankan perlunya penguatan budaya dan pendidikan pengurangan risiko, investasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, infrastruktur tahan iklim dan bencana, serta implementasi komitmen global. .

Sebagai forum global multi-stakeholder utama untuk menilai dan mendiskusikan kemajuan, berbagi pengetahuan, dan mengidentifikasi kesenjangan dalam implementasi Kerangka Sendai untuk PRB 2015-2030 (perjanjian global yang tidak mengikat, diadopsi pada 2015 pada Konferensi Dunia PBB Ketiga tentang PRB di Sendai, Jepang) GPDRR menyediakan platform untuk refleksi, evaluasi, dan komitmen terhadap upaya yang lebih ambisius untuk pengurangan risiko bencana yang inklusif, berdasarkan pengalaman praktisi dan pembuat kebijakan, serta laporan terbaru seperti laporan Penilaian Keenam IPCC . Read More

M+ Museum Mengakuisisi CogniCity OSS untuk Koleksi Permanen Desain Perkotaan Abad ke-21

Pada tahun 2020, M+ Museum of visual culture di Hong Kong mengakuisisi CogniCity OSS untuk koleksi permanen desain perkotaan abad ke-21 di Asia; kode untuk software ini tetap terbuka dan dapat digunakan siapapun, M+ Museum juga menugaskan Yayasan Peta Bencana untuk membuat video yang menceritakan kisah proyek kepada pengunjung mereka.

The Same River, Twice adalah instalasi film dua layar lebar yang menceritakan kisah Jakarta sebagai kota besar yang berjuang untuk beradaptasi dengan perubahan iklim selama musim hujan tropis, dan bagaimana pendekatan terpadu untuk desain perangkat lunak memanfaatkan epistemologi penduduk kolektif untuk mengurangi risiko perkotaan. Film secara publik ditampilkan pertama kali pada pembukaan museum pada 12 November 2021 dan tersedia untuk dilihat secara langsung sebagai bagian dari koleksi permanen mereka.

Menjelang Cuaca Ekstrim, Indonesia dan Filipina berkolaborasi untuk meluncurkan program pengurangan risiko bencana pemuda regional

Yayasan Peta Bencana, didukung oleh USAID BHA dan didukung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kantor Pertahanan Sipil (OCD), secara resmi meluncurkan program pemuda pengurangan risiko bencana regional untuk Indonesia dan Filipina. Karena peristiwa cuaca ekstrem yang semakin sering terjadi di kedua negara tersebut, para pemimpin muda menyatakan solidaritas dan komitmen mereka untuk mengurangi risiko dengan tagar #Youth4GotongRoyong #Youth4Bayanihan. Peluncuran dibuka oleh Dr. Raditya Jati, Deputi Sistem dan Strategi BNPB, Usec Ricardo B. Jalad, Direktur Eksekutif National Disaster Risk Reduction and Management Council (NDRRMC) dan administrator OCD, dan Bapak Harlan Hale, Regional Advisor USAID BHA, yang menyambut ratusan pemuda dan lebih dari 60 organisasi masyarakat yang hadir dalam pembukaan daring tersebut.

Dipimpin oleh keyakinan bahwa mitigasi risiko bencana harus melibatkan seluruh warga, program duta muda berkomitmen untuk memperkuat agen pemuda di seluruh wilayah sehingga mereka dapat berpartisipasi secara setara dalam upaya pemulihan bencana dan membuat keputusan yang tepat dan aman untuk diri mereka sendiri dan komunitas mereka selama keadaan darurat. Setengah dari populasi dunia adalah pemuda di bawah usia 30 tahun, dan mereka sering kali menjadi yang pertama dan paling terpengaruh ketika bencana terkait cuaca menyerang. Menurut Laporan Bencana Dunia 2020, Indonesia dan Filipina termasuk negara yang paling rentan terhadap bencana terkait cuaca dan tidak dapat dihindari bahwa negara-negara tersebut akan terus mengalami peningkatan cuaca ekstrem. Untuk mengatasi peningkatan frekuensi dan keparahan peristiwa yang berhubungan dengan cuaca, para ahli menekankan perlunya memfokuskan upaya pada adaptasi; meminimalkan keterpaparan dan kerentanan dengan meningkatkan kapasitas penduduk untuk merespon guncangan, yang tentu saja harus mencakup kelompok yang paling rentan.
Read More

Pertemuan Publik Pertama Kontributor CogniCity OSS

Sebagai bagian dari AHA Center 2021 Humanitarian and Emergency Logistics Innovation Expo (HELIX), Yayasan Peta Bencana menyelenggarakan pertemuan publik pertama untuk para kontributor CogniCity OSS sebagai bagian dari sesi berjudul “Urban Collective Intelligence: From Crowd Sourcing to Crowd logistics”. Menyatukan para ahli dengan beragam latar belakang dan pengalaman dalam pemanfaatan dan kontribusi pada CogniCity OSS, sesi publik ini mengeksplorasi bagaimana desain dan pengembangan sistem open source dapat memanfaatkan kekuatan crowdsourcing untuk membantu respons dan pemulihan bencana dan kemanusiaan.

Pembicara termasuk Etienne Turpin, salah satu pendiri CogniCity OSS; Ferth Manasay, Manajer Proyek MapaKalamidad.ph di Filipina; Daisy Tam, Pendiri Breadline; Deepthi Chand Alagandula, Direktur dan Co-Founder di CivicDataLab di India; Nguyen Minh-Tam, Mantan Manajer Proyek di Smart Saigon; dan Nashin Mahtani, direktur Yayasan Peta Bencana.

Menyoroti hubungan antara perangkat lunak dan perilaku sosial, sesi ini membahas bagaimana metodologi desain multi-sektoral dapat membantu membentuk pengembangan perangkat lunak untuk manajemen risiko bencana dan koordinasi logistik generasi berikutnya. Sesi ini memperluas pentingnya jaringan sumber terbuka atau open source sebagai infrastruktur berbagi pengetahuan penting dalam konteks ASEAN dan juga memungkinkan para ahli dari berbagai latar belakang dan geografi untuk berbagi, bertukar, dan menciptakan ide untuk masa depan manajemen kemanusiaan. Read More

Banjir akibat Siklon Tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur dan penyebaran informasi bencana oleh masyarakat dalam mendukung respon bencana.

Siklon Tropis Seroja telah memicu banjir, tanah longsor, dan angin kencang di Nusa Tenggara Timur (NTT), mengakibatkan kerusakan yang cukup parah di wilayah ini sejak 4 April 2021.

Mengacu pada laporan langsung yang diterima PetaBencana.id, cuaca ekstrem telah merusak jembatan, menyapu sebagian rumah warga, dan memadamkan listrik. Warga telah membagikan informasi terkini secara real-time via PetaBencana.id dalam membantu sesama dan mendukung upaya respon.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, mengatakan, “Cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja masih berpotensi terjadi di wilayah NTT dalam beberapa hari ke depan.”

Kami mengajak warga untuk memantau https://petabencana.id untuk mendapatkan informasi terkini. Warga NTT juga dapat mengirimkan laporan banjir real-time dengan mencuit #banjir @petabencana, mengirim pesan Facebook ke @petabencana.id, atau pesan Telegram ke @bencanabot. Dengan berbagi, kita memastikan semua orang bisa mendapatkan informasi, menghindari bahaya, dan bersama mengurangi risiko! Read More

Banjir kembali terjadi di Jakarta, respon bencana juga didukung chatbot kemanusiaan di media sosial

Warga berbagi informasi banjir via PetaBencana.id mendukung respon dan upaya bantuan saat Jakarta kembali terendam untuk ketiga kalinya tahun ini.

Pada 20 Februari, #banjir dan #JakartaBanjir menjadi trending topic pertama Twitter di Indonesia, karena ibukota negara kembali terendam untuk ketiga kalinya tahun ini, menyusul hujan deras yang terjadi Jumat malam (19/2/2021) hingga Sabtu pagi (20/02/2021). Ketika warga Jakarta menggunakan media sosial dalam berbagi info banjir, mereka disambut oleh ‘Bencana bot’ – sebuah chatbot berbasis AI (Artificial Intelligence) yang memonitor postingan media sosial tentang bencana dan lansung mengajak pengguna untuk mengirimkan laporan detil bencana tersebut. Laporan crowdsourcing ini lalu dipetakan dalam sebuah website secara real-time, dan dapat diakses gratis dan terbuka, PetaBencana.id

Dengan banjir yang menutup jalan utama hingga jalan tol, mengganggu jadwal commuter lines, dan mematikan aliran listrik hingga 60.000 rumah, warga tetap membagikan informasi terkini situasi banjir agar tetap waspada dan dapat mengambil keputusan untuk tetap selamat. Ratusan warga telah melaporkan banjr ke PetaBencana.id, mereka saling memperingatkan akan ketinggian air, kerusakan infrastruktur dan akses jalan. BPBD DKI Jakarta juga meng-update peta ini dengan informasi resmi wilayah terdampak banjir, dan memonitor peta untuk melakukan respon yang dibutuhkan. PetaBencana.id sendiri mengalami 2000% kenaikan aktivitas dalam 12 jam dengan aktifnya warga menggunakan peta ini untuk memahami situasi banjir, menghindari daerah rawan, dan membuat keputusan agar tetap selamat. Read More

Taifun beruntun menghantam Filipina, warga berbagi data informasi untuk mendukung upaya bantuan

Warga berbagi informasi melalui MapaKalamidad.ph dalam mendukung upaya respon saat badai kelima kalinya menghantam wilayah ini hanya dalam waktu dua minggu.

Lima kejadian Taifun beruntun dialami FIlipina di akhir Oktober dan awal November. Ketika masih dalalm pemulihan akibat Taifun Molave (Quinta), Taifun Goni (Rolly). Taifun Atsani (Siony), dan Taifun Etau (Tonyo), hujan mengguyur bagian timur dan utara negara ini dan memperparah dampak dari Taifun Vamco (Ulysses), badai kelima yang menghantam wilayah ini hanya dalam dua minggu.

Taifun ini meninggalkan dampak parah pada jalan sehingga tidak bisa dilalui akibat banjir, dan mengganggu aliran listrik dan komunikasi. Keadaan waduk di beberapa wilayah ikut memperburuk banjir di wilayah rendah aliran sungai seperti Cagayan Valley, Central Luzon, Wilayah Administrasi Cordirella dan Metro Manila.

Di tengah luasnya situasi banjir yang menghentikan aktivitas dan pergerakan warga FIlipina, tagar @FLoodPH dan #RescuePH menjadi trending di media sosial, dimana warga meminta pertolongan dan posting informasi banjir di wilayahnya. MapaKalamidad.ph, sebuah platform informasi bencana yang baru diluncurkan, telah memanfaatkan aktifnya informasi di media sosial tersebut untuk membantu pengurangan risiko berbasis masyarakat. Menggunakan chatbot berbasis AI(Artificial Intelligence) untuk memonitor dan merespon postingan di media sosial, platform ini mengumpulkan dan mengkonfirmasi laporan dari warga ke dalam peta banjir secara real-time. Platform ini mengalami kenaikan aktivitas yang signifikan selama Taifun Ulysses karena aktifnya warga dalam melaporkan updates situasi banjir. Peta berbasis website yang gratis dan terbuka ini telah digunakan untuk mendukung warga dan unit manajemen bencana mengidentifikasi wilayah yang membutuhkan respon dan penyelamatan. MapaKalamidad.ph diluncurkan akhir September 2020 sebagai bagian dari Program PhilAWARE yang didukung U.S. Agency for International Development Bureau of Humanitarian Affairs (USAID BHA) bekerjasama dengan the Philippine Office of the Civil Defense (OCD), Pacific Disaster Center (PDC), dan Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT). Read More

PetaBencana.id dijadikan contoh studi kasus dalam laporan terbaru tentang kecerdasan kolektif

“[PetaBencana.id] merupakan contoh paradigma dalam menggunakan internet yang menghubungkan kelompok individu untuk membagikan pengetahuan.[PetaBencana.id] mengkonfirmasi apa yang sudah lama kami pahami: keahlian yang bertumpu pada pengetahuan lokal dan pengalaman hidup didistribusikan secara luas di dalam masyarakat. Platform sosial memungkinkan kita untuk mengkombinasikan dan meningkatkan kecerdasan ini untuk menghimpun pengetahuan, membagikan pekerjaan dan menyelesaikan masalah secara kolaboratif.”

Laporan terbaru yang dipublikasikan oleh The Govlab (pusat penelitian yang berbasis di New York University) dan Nesta Foundation, sebuah yayasan di Inggris Raya, menampilkan PetaBencana.id sebagai salah satu dari 30 contoh studi kasus yang mendemonstrasikan dengan baik pemanfaatan kecerdasan kolektif untuk menangani tantangan publik. Sebagai bagian dari riset kecerdasan kolektif yang lebih besar, laporan ini berargumen bahwa kecerdasan kolektif dapat mendukung layanan publik yang lebih baik dan inklusif. Riset tersebut menyoroti studi kasus dari seluruh dunia yang menggunakan teknologi dalam memanfaatkan ide dan keahlian masyarakat, lalu menampilkan metodologi kolaboratif tersebut sebagai komponen kritikal dalam menangani permasalahan-permasalahan saat ini. Dokumentasi riset secara utuh dapat diakses di:  https://www.thegovlab.org/collective-intelligence.html
Read More

Peluncuran resmi platform pemetaan bencana di Filipina membawa semangat ‘bayanihan’ dan ‘gotong-royong’ untuk solidaritas kawasan!

MapaKalamidad.ph, sebuah platform respon dan manajemen bencana yang gratis dan terbuka di Filipina, telah diluncurkan pada 10 September 2020 dalam webinar virtual berjudul “Digital Bayanihan! Social Media for Humanitarian Response” (Gotong-Royong Digital! Media Sosial untuk Respon Kemanusiaan”). Platform ini menggabungkan laporan crowdsourcing (urun-daya) dan validasi instansi pemerintahan untuk memetakan kejadian banjir secara real-time.  

Dalam sambutan pembukanya, Joseph Curry dari USAID Office of Foreign Disaster Assistance mengatakan, “Selain mengandalkan pemerintah sebagai sumber otoritas dalam kerugian dan kebutuhan, kita juga mengakui bahwa mereka yang terdampak mempunyai informasi terkini serta memainkan peranan penting. MapaKalamidad.ph menambah dimensi baru pada data dan pengumpulan informasi dengan memberdayakan masyarakat untuk langsung melaporkan bencana, kondisi kritis dan kerugian dalam lingkungan sekitar mereka melalui aplikasi media sosial dan aplikasi mobile. Dengan semangat gotong-royong, MapaKalamidad.ph menjadi alat yang bisa digunakan siapapun dalam respon bencana, dan berpotensi menghubungkan setiap barangay (tingkat administrasi di FIlipina) ke tingkat yang tertinggi.” Read More

Hujan lebat membuat Jakarta tergenang, PetaBencana.id menjadi platform resmi untuk berbagi informasi warga dalam mengurangi risiko

Warga berbagi informasi melalui PetaBencana.id dalam mendukung respon dan bantuan saat hujan ekstrem membuat Jakarta tergenang untuk keempat kalinya tahun ini. Selama kurang dari 24 jam. lebih dari 800 warga mengirim laporan banjir ke PetaBencana.id.

Dua siklon tropis memicu hujan deras di seputar pulau Jawa, merendam ibukota Jakarta dan wilayah sekitarnya untuk keempat kalinya tahun ini.

Mengacu pada Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), rangkaian banjir yang melanda ibukota selama dua bulan terakhir adalah akibat dari perubahan iklim. Temperatur rerata di Indonesia memuncak di 2019, dengan Jakarta mengalami kenaikan temperatur tahunan 1,4 kali lebih tinggi dari tren global. BMKG mencatat curah hujan 278 milimeter dalam 24 jam, yang dikategorikan sebagai cuaca ‘hujan eksrem’ dimana kota ini dapat dikatakan menerima curahan hujan satu bulan hanya dalam satu hari.

Banjir telah mengganggu lalu lintas dan jadwal communiter lines selama 2 hari berturut-turut, menggenangi rumah sakit nasional, dan memutus aliran listrik bagi 1.600 gardu. Wargapun tetap aktif mencari informasi tentang situasi banjir untuk mengambil keputusan keselamatan dan respon. Di tengah maraknya misinformasi, BNPB merekomendasikan PetaBencana.id sebagai platform informasi resmi yang digunakan untuk mengurangi risiko secara kolektif. Read More

PetaBencana.id ekspansi nasional dengan #112Challenge se-Indonesia!

Dalam rangka peluncuran nasional PetaBencana.id, lebih dari 3.376 warga di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam #112Challenge, sebuah pelatihan kesiapsiagaan dikemas secara unik dalam satu hari.

Dalam rangka peluncuran nasional platform manajemen bencana PetaBencana.id, Yayasan Peta Bencana dan BNPB, didukung oleh PLN and BRI, menggelar kegiatan #112Challenge, sebuah pelatihan kesiapsiagaan yang dikemas secara unik dalam satu hari. Lebih dari 125 organisasi dan 3.376 warga dari 17 provinsi di Indonesia berpartisipasi pada kompetisi se-Indonesia ini. dimana warga mensimulasikan laporan banjir real-time dan berbagi informasi via PetaBencana.id

PetaBencana.id adalah sebuah platform yang terbuka dan gratis, yang menyediakan informasi bencana secara real-time dan transparan bagi warga dan instansi pemerintah, dalam upaya mengurangi risiko bencana dan meningkatkan efisiensi respon bencana. Platform online ini menggunakan metode crowdsource untuk mengumpulkan infomrasi bencana dari media sosial yang dikirimkan oleh warga dari lokasi kejadian, dimana terdapat informasi terkini, dan menampilkan infomrasi tersebut dalam peta berbasis website.

Dalam sambutan pada peluncuran resmi platform ini, Doni Monardo Kepala BNPB mengatakan: “PetaBencana.id akan menjadi kanal utama dalam komunikasi bencana yang interaktif antara pemerintah dan warga. Dengan menyediakan akses bagi warga untuk mengirimkan laporan bencana real-time via media sosial, platform ini dapat mendukung respon lebih cepat dan mengurangi risiko.” Read More

Banjir, Bot, dan Gotong-royong! @america mengadakan pra-event eksklusif #112Challenge!

Sebagai persiapan acara peluncuran nasional PetaBencana.id, @america mengadakan sesi interaktif pada 5 Februari: “Banjir, Bots, dan Gotong Royong: Memperkuat Partisipasi Publik dalam Adaptasi Iklim di Indonesia”. 

Dibuka oleh Jason Seuc, Deputi DIrektur Urusan Lingkungan USAID, sesi ini fokus pada pentingnya penyebaran informasi berbasis komunitas ketika terjadi bencana.

Harlan Hale, Regional Advisor US Agency of International Development Office for Foreign Disaster Assistance (USAID OFDA , menyampaikan pentingnya warga melapor untuk mendukung respon dari instansi pemerintah dan organisasi kemanusiaan. Warga di lapangan seringkali memiliki informasi terkini – pengetahuan warga lokal dan jaringan yang terhubung oleh media sosial akan menyediakan sumber data dalam resolusi yang belum pernah ada untuk mitigasi risiko di perkotaan.

Untuk mentransformasikan ‘noise’ di media sosial menjadi informasi yang dapat diubah menjadi aksi, Nashin Mahtani, direktur Yayasan Peta Bencana, membagikan bagaimana platform PetaBencana.id menggunakan chatbot untuk berkomunikasi dengan warga dalam mengkonfirmasi kejadian banjir. Read More

PetaBencana.id berkolaborasi dengan NASA, BNPB, Instansi Pemerintah, dan warga dalam respon banjir 2020

Warga dan instansi pemerintah membagikan informasi banjir secara real-time di platform PetaBencana.id selama banjir di Jakarta Bulan Januari 2020. Laporan urun-daya pada platform ini telah mendukung upaya respon, perencanaan, dan analisis.

Pada Bulan Januari 2020, Jakarta mengalami curah hujan ekstrem tinggi yang dampaknya tidak mampu diatasi oleh infrastruktur kota. Banjir cukup parah menggenangi sebagian besar wilayah kota, berakibat jatuhnya puluhan korban jiwa dan ribuan warga harus mengungsi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengaitkan curah hujan tinggi yang tidak biasa tersebut dengan konvergensi pola angin, dan sebagai peringatan akan peningkatan frekuensi cuaca ekstrem akibat dari perubahan iklim. BMKG mencatat curah hujan setinggi 377mm/jam, dimana ini merupakan yang tertinggi dialami Jakarta sejak 1866.

Mendapati banjir yang menutup akses jalan, menghentikan operasional salah satu bandara, hingga memutus aliran listrik, jutaan warga masyarakat mencari dan membagikan informasi terkini melalui kanal-kanal media sosial. Ribuan warga mengirimkan laporan banjir ke PetaBencana.id, saling berbagi informasi tentang tingkat keparahan banjir, kerusakan infrastruktur, dan tindakan tanggap bencana. PetaBencana.id mengalami kenaikan aktivitas sebesar 24.000% karena aktifnya warga dalam memantau peta pada situs yang dimanfaatkan untuk memahami situasi banjir, menghindari wilayah banjir, dan mengambil keputusan terkait keselamatan dan respon. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD DKI Jakarta) juga memantau peta untuk merespon kebutuhan warga, mengkoordinasikan respon tanggap darurat, dan memutakhirkan informasi wilayah yang terdampak banjir pada peta secara real-time. Read More

Yayasan Peta Bencana Berkolaborasi dalam Inisiasi Pengurangan Risiko yang akan datang di Filipina.

Sebagai bagian dari “ASEAN Regional Disaster Management Early Warning and Decision Support Capacity Enhancement Project”, tim Peta Bencana telah bekerja selama seminggu bersama mitra USAID, Pacific Disaster Center (PDC), dan Humanitarian OpenStreetMap Team(HOT) dalam mengawali inisiasi pengembangan platform pemetaan kebencanaan berbasis urun daya di Filipina. Inisiasi ini telah resmi diluncurkan tanggal 23 Juli 2019, dibuka dengan pertemuan pembuka yang dihadiri lebih dari 30 institusi termasuk pemerintah, lembaga non-pemerintah, dan sektor swasta.

Sejak tahun 2013, PetaBencana.id (sebelumnya PetaJakarta.org) telah membuktikan bahwa pengumpulan dan penyebaran data berbasis masyarakat telah mengurangi risiko bencana dan membantu dalam upaya respon bantuan bencana. Filipina sendiri memiliki kemiripan karakteristik dengan Indonesia, dimana PetaBencana.id berhasil menjadi platform pemetaan bencana berbasis urun daya. Secara geografis, Filipina juga berada di daerah cincin api, dan seperti negara ASEAN lainnya juga menghadapi peningkatan cuaca ektrem dan tidak terprediksi akibat perubahan iklim. Taifun, banjir, dan tanah longsor telah membawa kerusakan, dan Filipina adalah satu dari sekian banyak negara yang terdampak secara sosial-ekonomi akibat kejadian bencana tersebut. Read More

Petabencana.id menerima penghargaan United Nations Public Service Award dalam Memastikan Pendekatan yang Terintegrasi pada Institusi Sektor Publik

Pada 21 Mei 2019, PetaBencana.id dianugerahi penghargaan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu United Nations Public Service Award (UNPSA) pada kategori “Memastikan pendekatan yang terintegrasi pada institusi sektor publik”. Penghargaan ini diberikan kepada PetaBencana.id bersama mitra pelaksana pemerintah Indonesia dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

UNPSA dikenal sebagai penghargaan internasional yang paling bergengsi dalam lingkup pekerjaan sektor publik. Dalam pernyataan yang dibuat Departemen Ekonomi dan Urusan Sosial PBB, penghargaan ini mengapresiasi pencapaian kreatif dan kontribusi institusi pelayanan publik yang mengarah pada administrasi publik yang lebih efektif dan responsif bagi negara-negara di seluruh dunia.” Kompetisi ini dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan mempromosikan organisasi-organisasi yang berperan luar biasa untuk dijadikan sebagai contoh peran pentingnya pelayanan publik bagi masyarakat di seluruh dunia.

“Akibat pola cuaca yang semakin intensif dan tidak bisa diprediksi, kota-kota di Indonesia dihadapkan pada tantangan cuaca ektrem secara reguler. Kurangnya akses untuk data real-time dan terverifikasi mengurangi informasi dan kemampuan untuk membuat keputusan dalam perencanaan dan respon bencana, yang berujung pada manajemen sumber daya yang tidak efektif dan konflik. Dengan menyediakan informasi bencana yang gratis dan real-time, lalu membuatnya aman dan mudah untuk dibagikan, PetaBencana.id meningkatkan kapasitas seluruh masyarakat untuk berpartisipasi bersama dalam pengambilan keputusan.”  
Read More

Video Produksi Peta Bencana Menuai Komentar dan Pujian dari ‘Art Blog’ Terkemuka

quote open    …saya ingin membagikan sebuah video yang menurut saya sangat membuka wawasan dan berhak untuk diangkat dalam sebuah post… Saya pikir saya tahu tentang kerusakan yang dibuat oleh perkebunan kelapa sawit terhadap lingkungan, tapi saya tidak tahu bahwa sedemikian parahnya (kebakaran terjadi seluas negara saya hanya dalam waktu 5 bulan!!)        quote close

Publikasi ilmiah Peta Bencana telah mendapatkan pujian dari Régine Debatty, kritikus dan inisiator blog yang telah mendapatkan sejumlah penghargaan, we-make-money-not-art.com.   Dalam ulasan tentang pameran Verschwindende Vermächtnisse: Die Welt als Wald / Disappearing Legacies: The World as a Forest , Debatty mengangkat sebuah video yang diproduksi oleh Yayasan Peta Bencana, atas efektivitas dan kekuatan pesannya dalam menyampaikan dampak yang terjadi atas kerusakan lahan gambat dan pentingnya ekologi gambut untuk Sistem Bumi dan iklimnya. Sebagai bagian dari komitmen Yayasan dalam membangun infrastruktur untuk gotong royong melalui proses riset kolaboratif, Yayasan Peta Bencana bekerja dengan peneliti dari WALHI dan Akademi Drone Indonesia untuk memproduksi proyek publikasi seni/ilmiah ini. Pameran The Verschwindende Vermächtnisse: Die Welt als Wald / Disappearing Legacies: The World as a Forest saat ini tengah dibuka di the Zoologisches Museum, Centrum für Naturkunde, Universität Hamburg.