Yayasan Peta Bencana Berkolaborasi dalam Inisiasi Pengurangan Risiko yang akan datang di Filipina.

Sebagai bagian dari “ASEAN Regional Disaster Management Early Warning and Decision Support Capacity Enhancement Project”, tim Peta Bencana telah bekerja selama seminggu bersama mitra USAID, Pacific Disaster Center (PDC), dan Humanitarian OpenStreetMap Team(HOT) dalam mengawali inisiasi pengembangan platform pemetaan kebencanaan berbasis urun daya di Filipina. Inisiasi ini telah resmi diluncurkan tanggal 23 Juli 2019, dibuka dengan pertemuan pembuka yang dihadiri lebih dari 30 institusi termasuk pemerintah, lembaga non-pemerintah, dan sektor swasta.

Sejak tahun 2013, PetaBencana.id (sebelumnya PetaJakarta.org) telah membuktikan bahwa pengumpulan dan penyebaran data berbasis masyarakat telah mengurangi risiko bencana dan membantu dalam upaya respon bantuan bencana. Filipina sendiri memiliki kemiripan karakteristik dengan Indonesia, dimana PetaBencana.id berhasil menjadi platform pemetaan bencana berbasis urun daya. Secara geografis, Filipina juga berada di daerah cincin api, dan seperti negara ASEAN lainnya juga menghadapi peningkatan cuaca ektrem dan tidak terprediksi akibat perubahan iklim. Taifun, banjir, dan tanah longsor telah membawa kerusakan, dan Filipina adalah satu dari sekian banyak negara yang terdampak secara sosial-ekonomi akibat kejadian bencana tersebut.

Kami melihat persamaan utama antara Indonesia dan Filipina adalah semangat untuk saling membantu ketika bencana – dikenal sebagai gotong-royong di Indonesia dan bayanihan di Filipina. Semangat bahu-membahu yang muncul ketika kejadian bencana, ditambah dengan fakta bahwa Filipina memegang rating tertinggi penggunaan media sosial di dunia, menciptakan kondisi ideal untuk mengembangkan platform untuk berbagi informasi secara real-time untuk membangun kapasitas civic co-management, meningkatkan koordinasi antara masyarakat dengan pemerintah, dan mempercepat respon saat bencana.

Kami sangat terkesan dengan sambutan dari institusi terkait kebencanaan di FIlipina seperti Office of Civil Defense (OCD), the National Disaster Risk Reduction and Management Council (NDRRMC), dan organisasi lainnya, baik pemerintah dan non-pemerintah, selama kegiatan peluncuran inisiasi tersebut. Kami sangat menantikan kerjasama dengan mitra dan masyarakat Filipina untuk bersama-sama mengurangi risiko di kawasan ASEAN!