Petabencana.id menerima penghargaan United Nations Public Service Award dalam Memastikan Pendekatan yang Terintegrasi pada Institusi Sektor Publik

Pada 21 Mei 2019, PetaBencana.id dianugerahi penghargaan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu United Nations Public Service Award (UNPSA) pada kategori “Memastikan pendekatan yang terintegrasi pada institusi sektor publik”. Penghargaan ini diberikan kepada PetaBencana.id bersama mitra pelaksana pemerintah Indonesia dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

UNPSA dikenal sebagai penghargaan internasional yang paling bergengsi dalam lingkup pekerjaan sektor publik. Dalam pernyataan yang dibuat Departemen Ekonomi dan Urusan Sosial PBB, penghargaan ini mengapresiasi pencapaian kreatif dan kontribusi institusi pelayanan publik yang mengarah pada administrasi publik yang lebih efektif dan responsif bagi negara-negara di seluruh dunia.” Kompetisi ini dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan mempromosikan organisasi-organisasi yang berperan luar biasa untuk dijadikan sebagai contoh peran pentingnya pelayanan publik bagi masyarakat di seluruh dunia.

“Akibat pola cuaca yang semakin intensif dan tidak bisa diprediksi, kota-kota di Indonesia dihadapkan pada tantangan cuaca ektrem secara reguler. Kurangnya akses untuk data real-time dan terverifikasi mengurangi informasi dan kemampuan untuk membuat keputusan dalam perencanaan dan respon bencana, yang berujung pada manajemen sumber daya yang tidak efektif dan konflik. Dengan menyediakan informasi bencana yang gratis dan real-time, lalu membuatnya aman dan mudah untuk dibagikan, PetaBencana.id meningkatkan kapasitas seluruh masyarakat untuk berpartisipasi bersama dalam pengambilan keputusan.”  

Selanjutnya, Yayasan Peta Bencana akan berpartisipasi di dalam United Nations Public Service Forum di Baku, Azerbaijan bulan Juni 2019. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang mencakup lokakarya, sesi pleno, dan upacara penganugerahan untuk tema tahun ini “Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui efektivitas dalam Penyampaian Layanan, Inovatif Transformasi dan Institusi yang bertanggung jawab.”

Yayasan Peta Bencana sangat berterimakasih atas penghargaan UNPSA ini. Kami juga berterimakasih kepada USAID dan BNPB, dimana proyek ini menjadi bagian dari InAWARE: Disaster Management Early Warning and Decision Support Capacity Enhancement Project in Indonesia. Bersama dengan mitra kami akan tetap berusaha menyediakan solusi yang terintegrasi, inklusif, dan efektif kepada masyarakat.