Banjir, Bot, dan Gotong-royong! @america mengadakan pra-event eksklusif #112Challenge!

Sebagai persiapan acara peluncuran nasional PetaBencana.id, @america mengadakan sesi interaktif pada 5 Februari: “Banjir, Bots, dan Gotong Royong: Memperkuat Partisipasi Publik dalam Adaptasi Iklim di Indonesia”. 

Dibuka oleh Jason Seuc, Deputi DIrektur Urusan Lingkungan USAID, sesi ini fokus pada pentingnya penyebaran informasi berbasis komunitas ketika terjadi bencana.

Harlan Hale, Regional Advisor US Agency of International Development Office for Foreign Disaster Assistance (USAID OFDA , menyampaikan pentingnya warga melapor untuk mendukung respon dari instansi pemerintah dan organisasi kemanusiaan. Warga di lapangan seringkali memiliki informasi terkini – pengetahuan warga lokal dan jaringan yang terhubung oleh media sosial akan menyediakan sumber data dalam resolusi yang belum pernah ada untuk mitigasi risiko di perkotaan.

Untuk mentransformasikan ‘noise’ di media sosial menjadi informasi yang dapat diubah menjadi aksi, Nashin Mahtani, direktur Yayasan Peta Bencana, membagikan bagaimana platform PetaBencana.id menggunakan chatbot untuk berkomunikasi dengan warga dalam mengkonfirmasi kejadian banjir.

Dengan digunakannya perangkat, software, dan aplikasi terkini oleh pemerintah dan NGO untuk identifikasi dan manajemen risiko bencana, Maryanto, S. Kom, Kepala Bidang Manajemen Data dan Sistem Informasi BNPB sependapat akan pentingnya berbagi dan integrasi data.

Event ini disiarkan langsung di beberapa chapter AtAmerica seperti ITB, UMY, dan UIN. Peserta bisa ikut berdiskusi, bertanya secara langsung tentang verifikasi laporan, privasi dan etika dalam pengumpulan infomrasi, dan kapasitas platform saat mengalami intensitas laporan dan kunjungan yang tinggi.

Selain itu, peserta juga melakukan simulasi laporan banjir real-time, yang dipandu dengan live-demo oleh Hotniida AMW Sinambela, Koordinator Operasi Riset Yayasan Peta Bencana.

Dalam persiapan peluncuran nasional PetaBencana.id yang akan diadakan 11 Februari, @america mengadakan event eksklusif sebelum berpartisipasi pada #112Challenge. #112Challenge adalah event kesiapsiagaan bencana berskala nasional, dimana lebih dari 125 organisasi di Indonesia akan berpartisipasi dalam kompetisi nasional untuk meningkatkan kesadaran bencana. Pada 11 Februari, mural banjir 3D akan dipasang di lebih dari 125 lokasi di seluruh Indonesia. Organisasi peserta akan mengajak komunitas menggunakan mural untuk mempraktikkan pelaporan banjir via Twitter, Facebook, dan Telegram. @amerika adalah salah satu lokasi kegiatan, dan event tanggal 5 Februari memungkinkan peserta untuk mengikuti pre-event eksklusif dari #112Challenge! Jangan lupa untuk hadir di lokasi kegiatan 11 Februari untuk mendukung kotamu menjadi pemenang tantangan ini! Temukan lokasi kegiatan ini dengan mengcek peta pada link : info.petabencana.id/112challenge

PetaBencana.id adalah bagian dari USAID-BNPB InAWARE: Proyek Manajemen Bencana Peringatan Dini dan Penguatan Kapasitas Dukungan Keputusan di Indonesia; mitra pelaksana BNPB yang didukung oleh U.S. Agency for International Development (USAID). Proyek ini terselenggara berkat kolaborasi dengan mitra proyek yaitu Pacific Disaster Center University of Hawaii dan Humanitarian Openstreetmap Team (HOT), serta Palang Merah Indonesia; mitra data termasuk MapBox, Twitter, qlue, dan PasangMata detik.com.