PetaBencana.id dijadikan contoh studi kasus dalam laporan terbaru tentang kecerdasan kolektif

“[PetaBencana.id] merupakan contoh paradigma dalam menggunakan internet yang menghubungkan kelompok individu untuk membagikan pengetahuan.[PetaBencana.id] mengkonfirmasi apa yang sudah lama kami pahami: keahlian yang bertumpu pada pengetahuan lokal dan pengalaman hidup didistribusikan secara luas di dalam masyarakat. Platform sosial memungkinkan kita untuk mengkombinasikan dan meningkatkan kecerdasan ini untuk menghimpun pengetahuan, membagikan pekerjaan dan menyelesaikan masalah secara kolaboratif.”

Laporan terbaru yang dipublikasikan oleh The Govlab (pusat penelitian yang berbasis di New York University) dan Nesta Foundation, sebuah yayasan di Inggris Raya, menampilkan PetaBencana.id sebagai salah satu dari 30 contoh studi kasus yang mendemonstrasikan dengan baik pemanfaatan kecerdasan kolektif untuk menangani tantangan publik. Sebagai bagian dari riset kecerdasan kolektif yang lebih besar, laporan ini berargumen bahwa kecerdasan kolektif dapat mendukung layanan publik yang lebih baik dan inklusif. Riset tersebut menyoroti studi kasus dari seluruh dunia yang menggunakan teknologi dalam memanfaatkan ide dan keahlian masyarakat, lalu menampilkan metodologi kolaboratif tersebut sebagai komponen kritikal dalam menangani permasalahan-permasalahan saat ini. Dokumentasi riset secara utuh dapat diakses di:  https://www.thegovlab.org/collective-intelligence.html

Awal tahun ini, The Govlab juga menampilkan PetaBencana.id sebagai bagian dalam kursus “Kecerdasan Krisis Kolektif” (Collective Crisis Intelligence). Awal diluncurkan untuk menginformasikan respon terhadap pandemi Covid-19, kursus gratis tersebut menyertakan pelajaran yang aplikatif untuk upaya penanganan bencana di masa depan. Tiap kuliah menampilkan organisasi yang telah berhasil memanfaatkan teknologi dalam melibatkan partisipasi publik dalam respon darurat. 

PetaBencana.id berterima kasih telah dijadikan teladan dalam studi kasus di seluruh dunia, dan kami juga berterima kasih kepada warga Indonesia yang telah menunjukkan ketangguhan dalam membagikan pengetahuan dalam semangat gotong-royong! Ayo terus semangat melanjutkan kolaborasi untuk #BersamaKurangiRisiko!