Menjelang Musim Hujan, PetaBencana bermitra dengan Twitter untuk membuat kesiapsiagaan bencana menjadi viral! #SelfieDermawan Trending di Twitter

Pada 16 September 2022, kami berkolaborasi dengan mitra kami di Twitter untuk meluncurkan kampanye kesiapsiagaan bencana 24 jam secara nasional. Sebagai persiapan menghadapi musim muson yang akan datang, kami mengajak warga Indonesia untuk berlatih mengirimkan laporan simulasi bencana ke PetaBencana.id dengan mengunggah foto selfie terbaik mereka ke dalam peta. Dengan tagar #SelfieDermawan yang sedang trending di Twitter, lebih dari 25 juta orang Indonesia terlibat dalam kampanye ini, dan peta PetaBencana.id dipenuhi dengan selfie dari seluruh Indonesia!

Melalui kampanye ini, kami merayakan foto selfie setiap orang yang pernah mengalami bencana, telah membantu saat terjadi bencana, atau bersedia membantu dalam bencana yang akan datang. Sebagai bukti kuatnya semangat “gotong royong digital”, warga di seluruh Indonesia bergabung dalam kampanye untuk mengingatkan komunitas kita masing-masing tentang pentingnya berbagi informasi real-time untuk tanggap bencana dalam persiapan musim hujan yang akan datang.

Mengapa selfie? Karena foto diri kamu bisa lebih efektif daripada sensor apa pun, selfie yang mengandung informasi berharga tentang tingkat keparahan relatif banjir (atau bencana lainnya) dapat menunjukkan posisi diri kamu dan tempat sekitar kamu saat bencana. Selfie yang dibagikan di media sosial memberikan informasi real-time yang tepat tentang kondisi spesifik lokal, karena gambar-gambar ini diberi tag geografis. Menurut laporan IPCC, salah satu hambatan terbesar untuk adaptasi iklim adalah kurangnya informasi sensitif waktu yang relevan secara lokal. Namun, dengan banyaknya data yang dibagikan di media sosial, kami tahu bahwa ini adalah penghalang yang dapat diselesaikan. Didukung oleh Perangkat Lunak open source CogniCity, PetaBencana.id dapat mengumpulkan, menyusun, dan memvisualisasikan data ini secara real-time, mengubah selfie menjadi alat yang menyelamatkan jiwa bagi semua orang untuk membuat keputusan penting tentang keselamatan dan respons.

Terima kasih kepada seluruh mitra dan warga yang telah berpartisipasi dalam kampanye #SelfieDermawan! Tentu saja, terima kasih kepada warga yang menginspirasi kami dengan selfie banjir media sosial asli mereka, menunjukkan bahwa bahkan selama bencana, kami dengan murah hati dapat membantu komunitas kami, dan bahwa selfie sebenarnya dapat menyelamatkan nyawa.