PetaBencana bertemu dengan Badan Meteorologi Mesir dalam persiapan COP27

Dalam persiapan COP27, PetaBencana diundang untuk berpartisipasi dalam “Intergenerational Thinkshop for Hydromet Early Warning Early Action (EWEA): Keterlibatan Profesional Muda dalam Pengurangan Risiko Bencana” di Kairo, Mesir. ‘Thinkshop’ mengumpulkan pemangku kepentingan dari 5 generasi, mewakili berbagai latar belakang geografis dari 4 benua, berasal dari berbagai disiplin ilmu termasuk akademisi, responden pertama, LSM, manajer darurat, dan ilmuwan. Para peserta berkumpul untuk membahas upaya adaptasi terhadap guncangan hidrometeorologis yang semakin meningkat akibat perubahan iklim, dan untuk merefleksikan implikasi dari inisiatif Sekretaris Jenderal PBB Guterres untuk memastikan bahwa “setiap orang di Bumi dapat dilindungi oleh sistem peringatan dini dalam lima tahun”. Lokakarya tersebut juga dihadiri oleh kepala Badan Meteorologi Mesir, yang menegaskan komitmennya untuk memastikan sistem peringatan multi-bahaya untuk semua.

PetaBencana diundang untuk berbagi pengalaman dalam bekerja dengan penduduk di seluruh Indonesia untuk beradaptasi dengan peristiwa cuaca ekstrem, di mana kami menyoroti peran pengetahuan lokal dalam pengurangan risiko, dan melibatkan komunitas lokal sebagai co-designer program pengurangan risiko.

Sebagai puncak dari lokakarya tersebut, bersama dengan para peserta lain, kami bersama-sama menerbitkan Pernyataan Kairo yang akan dipresentasikan kepada para pemimpin dan pemangku kepentingan di COP27. Pernyataan tersebut menyoroti kebutuhan untuk mempertimbangkan seluruh spektrum peringatan dan tindakan dalam diskusi sistem peringatan dini, dengan mengakui bahwa aspek sosial dan perilaku dari sistem peringatan, atau cara orang diperlengkapi dan diberdayakan untuk mengambil tindakan, merupakan bagian yang signifikan. infrastruktur peringatan yang jarang dibahas. Sejarah telah menunjukkan bahwa perkiraan yang lebih baik tidak selalu menghasilkan tanggapan yang lebih proaktif terhadap peringatan.

Alih-alih hanya berinvestasi pada pemodelan prediktif dan sistem teknis, perhatian yang sama harus diberikan pada aspek perilaku pengurangan risiko – yaitu, bagaimana orang menanggapi peringatan bencana. Selain itu, sistem peringatan tidak bisa difungsikan sebagai pengiriman satu arah dari institusi besar ke masyarakat. Pengetahuan lokal dari penduduk asli juga memainkan peran yang tak ternilai dalam mendeteksi sinyal peringatan paling awal, yang seringkali terlihat hanya dengan melalui keterampilan perseptual berbasis lokasi dan tempat sehingga harus diintegrasikan ke dalam sistem pemantauan atas dasar kesetaraan dengan alat deteksi yang lebih teknis. Pernyataan tersebut juga menyoroti bahwa pendanaan untuk inisiatif sistem peringatan dini harus memprioritaskan individu dan wilayah yang paling rentan terlebih dahulu.