Banjir akibat Siklon Tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur dan penyebaran informasi bencana oleh masyarakat dalam mendukung respon bencana.

Siklon Tropis Seroja telah memicu banjir, tanah longsor, dan angin kencang di Nusa Tenggara Timur (NTT), mengakibatkan kerusakan yang cukup parah di wilayah ini sejak 4 April 2021.

Mengacu pada laporan langsung yang diterima PetaBencana.id, cuaca ekstrem telah merusak jembatan, menyapu sebagian rumah warga, dan memadamkan listrik. Warga telah membagikan informasi terkini secara real-time via PetaBencana.id dalam membantu sesama dan mendukung upaya respon.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, mengatakan, “Cuaca ekstrem akibat siklon tropis Seroja masih berpotensi terjadi di wilayah NTT dalam beberapa hari ke depan.”

Kami mengajak warga untuk memantau https://petabencana.id untuk mendapatkan informasi terkini. Warga NTT juga dapat mengirimkan laporan banjir real-time dengan mencuit #banjir @petabencana, mengirim pesan Facebook ke @petabencana.id, atau pesan Telegram ke @bencanabot. Dengan berbagi, kita memastikan semua orang bisa mendapatkan informasi, menghindari bahaya, dan bersama mengurangi risiko!