Kontribusi Peta Bencana dalam Acara Puncak Bulan Pengurangan Risiko Bencana!

Acara Puncak Bulan Pengurangan Risiko Bencana di Balikpapan telah sukses dilaksanakan dengan baik dan Peta Bencana turut berkontribusi dalam mempresentasikan platform di Ignite Stage serta berselfie bersama dengan rekan rekan BPBD dari seluruh Indonesia pada booth kami. Acara Puncak ini diselenggarakan oleh BNPB yang bekerjasama dengan BPBD Provinsi Kalimantan Timur  sebagai rangkaian Puncak Peringatan Bulan PRB Nasional Tahun 2022 pada tanggal 12 – 14 Oktober 2022 dengan mengusung tema “Bersama Kita Tangguh” dan tagline: Bebaya Etam Tegoh.

Pembukaan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2022 dilaksanakan Tanggal 12 Oktober 2022 di BSCC Dome Kota Balikpapan, acara ini dibuka oleh Deputi Bidang Pencegahan, Prasinta Dewi dilanjutkan pembukaaan pameran kebencanaan yang berisi 30 booth yang terdiri dari Perwakilan Pemda Provinsi, Kementerian Lembaga (BMKG, Basarnas, BPBD), NGO / Komunitas PRB, Lembaga Usaha dan UMKM serta Perguruan Tinggi.

Peta Bencana dalam Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2022 ini merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman rekan rekan di pemerintahan khususnya di BPBD, lembaga usaha dan masyarakat terhadap upaya #BersamaKurangiRisiko sebagai momen untuk meningkatkan ketangguhan. Salah satu sarana tersebut adalah melalui Panggung Resiliensi yang difasilitasi oleh Rumah Resiliensi, dalam kesempatan tersebut Peta Bencana pun memperkenalkan Lambang Mitra ke rekan rekan relawan dan BPBD agar terjalin kolaborasi pentahelix dan meningkatkan partisipasi masyarakat, serta mempertegas pentingnya informasi real time secara urun daya untuk menyelamatkan nyawa pada saat bencana.

Ratusan orang yang berkunjung ke booth Peta Bencana dapat berfoto ria, belajar cara melapor bencana dengan membuat simulasi, serta berjejaring dan berdiskusi untuk potensi pelatihan, kolaborasi, dan integrasi sistem dengan memanfaatkan platform Peta Bencana.